in

Apple iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8

Review new iPhone X

iPhone X adalah ponsel terbesar yang pernah dibuat Apple, yang berarti saingan terbesarnya bisa jadi Samsung Galaxy Note 8 yang tidak lain adalah Phablet andalan Samsung terbaru.

Kedua ponsel ini juga sangat tangguh, sangat mahal, dikemas penuh dengan teknologi dan fitur yang sangat canggih. Namun, dalam banyak hal keduanya sangat berbeda.

Disain iPhone X dan Galaxy Note 8

IPhone X dan Samsung Galaxy Note 8 memiliki beberapa kesamaan desain. Sebagai contoh, keduanya memiliki kaca belakang dan kerangka logam, meskipun sudut pada iPhone X lebih melengkung dan hampir tidak memiliki bezel di bagian depan, dengan hanya sedikit takik di bagian atas untuk kamera dan sensor depan.

Samsung Galaxy Note 8 juga mencolok pada bezelnya, namun tidak sampai batas yang sama, karena memiliki strip tipis di atas dan di bawah layar. Berbicara tentang tampilan, kita akan membahasnya di bawah, tapi dari perspektif desain kamu tidak dapat mengabaikan fakta bahwa Note 8 memiliki desain yang melengkung pada tepi layar, sementara iPhone X rata.

Kedua ponsel memiliki bobot dan dimensi yang berbeda tentunya, iPhone X hadir dengan ukuran 143,6 x 70,9 x 7.7mm dan berat 174g, sedangkan Samsung Galaxy Note 8 lebih besar dan lebih berat, yaitu dengan ukuran 162,5 x 74,8 x 8,6mm dan berat 195g.

Kedua ponsel ini tahan debu dan tahan air. Note 8 adalah bersertifikat IP68, sehingga bisa terendam hingga 1,5 meter dalam 30 menit, sedangkan iPhone X bersertifikat IP67, artinya bisa terendam hingga 1 meter selama 30 menit.

Namun, meski tidak begitu tahan air, iPhone X mungkin akan lebih tangguh, karena Apple mengklaim telah menggunakan kaca terkuat yang pernah ada untuk melapisi iPhone ini di bagian depan dan belakang.

Warna yang tersedia pada kedua smartphone ini berbeda. Peluncuran iPhone X hanya tersedia warna Space Grey dan Silver, sementara Galaxy Note 8 tersedia warna Midnight Black, Maple Gold, Orchid Grey and Deep Sea Blue.

Display iPhone X dan Galaxy Note 8

Layar adalah elemen yang paling jelas terlihat dari iPhone X, karena layarnya mengisi hampir seluruh bagian depan telepon. Apple bahkan membuang tombol home untuk menjadikan ruang layar lebih luas, dan menghilangkan pemindai sidik jari dalam prosesnya.

Galaxy Note 8 juga hampir seluruhnya layar, meski memiliki bezel yang lebih sedikit daripada iPhone X dan masih mempertahankan pemindai sidik jarinya, namun memindahkannya ke belakang.

Harga dan Review Samsung Galaxy Note 8

Tampilan pada iPhone X mengusung layar OLED Super Retina dengan ukuran 5,8 inci, resolusi 1,125 x 2,436 dan kerapatan piksel 458 ppi (piksel per inci), sedangkan Note 8 mengusung layar OLED dengan ukuran 6,3 inci, resolusi 1,440 x 2,960 dan kerapatan piksel 521 ppi.

Review Samsung Galaxy Note 8

Jadi dalam hal display, Samsung lebih besar dan lebih tajam, dan kedua ponsel menggunakan OLED, memungkinkan kontras dan warna cerah. Kedua ponsel ini juga mendukung HDR, namun layar Apple terpasang 3D Touch bersamaan dengan True Tone display.

3D Touch memungkinkan tampilan merespons secara berbeda terhadap tingkat tekanan yang berbeda, misalnya jika kamu mengetuk dengan keras maka akan menu akan terbuka, dan akan meluncurkan aplikasi jika kamu mengetuk dengan ringan. Sedangkan True Tone, memungkinkan display ponsel secara otomatis menyesuaikan white balance berdasarkan cahaya di lingkungan kamu.

Selanjutnya adalah layar Samsung yang melengkung pada tepinya, sementara iPhone X rata, namun itu lebih dari sekedar keputusan estetika dari Samsung, karena itu juga memungkinkan kamu menggesekkan ujung-ujungnya untuk menampilkan menu dan jalan pintas.

Sistem Operasi (OS) dan Tenaga

Untuk Prosesor iPhone X menggunakan chipset A11 Bionic. Ini adalah pertama kalinya prosesor six-core pada iPhone. Apple mengklaim bahwa ini chip terkuat dan terpintar yang pernah ada di smartphone, dengan mesin saraf yang mampu mencapai 600 miliar operasi per detik. Sementara Galaxy Note 8 itu menggunakan chipset octa-core Snapdragon 835 atau Exynos 8895, tergantung di mana kamu tinggal karena beberapa negara tidak sama dalam menggunakan kedua prosesor tersebut, namun keduanya adalah prosesor kelas atas dan canggih.

Untuk Ram, Note 8 memiliki 6GB, dan sementara iPhone X memiliki 3GB. Ini semua terdengar seperti itu harus sesuai dengan permintaan Catatan 8, namun chipset quad-core Apple sebelumnya dapat bertahan sendiri terhadap yang inti okta, jadi inti enam inti baru ini kemungkinan akan memberikan kinerja terbaik. Seperti yang telah kita tau, teknologi apple meskipun tidak terlalu tinggi kapasitasnya, namun tidak kalah bersaing dengan kapasitas tinggi dari smartphone saingannya. Sebagai contoh chipset quad-core Apple sebelumnya dapat bersaing terhadap chipset octa-core, jadi six-core baru ini kemungkinan akan memberikan kinerja terbaik.

Sedangkan untuk OS, Anda mendapatkan Android Nougat di Samsung Galaxy Note 8 dan iOS 11 di iPhone X. Namun, iOS sedikit berbeda pada iPhone X, seperti pada tempat tombol home fisik yang lama, kamu bisa menggeser ke atas dari tepi bawah layar untuk kembali ke layar awal kamu. Sedangkan perbedaan pada Note 8 adalah penambahan stylus S Pen, yang mana itu memungkinkan kamu untuk membuat sketsa dan menulis tangan di ponsel.

Kamera dan Baterai

Ada kamera 12 Megapiksel dual-lens pada iPhone X, dengan satu lensa wide-angle f /1.8 dan satu f/2.4 telephoto. Kombinasi memungkinkan untuk zoom optik dan kedua lensa memiliki optical image stabilization (OIS), sehingga foto Anda keluar lebih jernih. Ini juga dapat digunakan sebagai penginderaan jauh, memungkinkan kamu mengaburkan latar belakang gambar untuk efek bokeh, dan Apple juga telah menempatkan fokus besar pada realitas tertambah atau augmented reality (AR), yang memungkinkan kamu untuk bermain video game ke dalam tabel, melihat rasi bintang di sekitarmu melalui kamera, dan banyak lagi.

Note 8 juga mampu melakukan optical zoom dan OIS. Meskipun tidak memiliki keterampilan AR yang canggih seperti Apple dan tidak begitu mahir dalam rekaman video, setidaknya dapat merekam 4K pada 30fps, sedangkan iPhone X dapat melakukannya pada 60fps.

Ada pilihan kesamaan dan perbedaan yang serupa namun tak sama pada kamera depan mereka. Note 8 memiliki 8MP f/1.7, sedangkan iPhone X memiliki 7MP f/2.2. Kedengarannya seperti kemenangan untuk Samsung, tapi ada juga pemindai wajah di iPhone X yaitu faceID, yang menjadikanmu membuka kunci ponsel. Note 8 memiliki fitur serupa tapi Apple lebih unggul dan lebih sulit untuk dikelabui.

Apple belum mengungkapkan kapasitas baterai iPhone X, namun telah mengatakan bahwa hal itu dapat bertahan hingga 12 jam penggunaan internet atau 13 jam penggunaan video. iPhone X juga mendukung wireless charging atau pengisian daya nirkabel, dan tampaknya bisa mengisi dari nol sampai 50% dalam 30 menit saat terpasang. Samsung Galaxy Note 8 juga mendukung pengisian nirkabel dan fast charging atau pengisian cepat. Baterai Note 8 memiliki kapasitas 3.300 mAh yang berlangsung kurang lebih sepanjang hari.

Harga Kedua Smartphone

IPhone X adalah tingkat kemahalan yang baru, harganya mulai dari $999 / £999 / AU $1.579 untuk kapasitas 64GB dan naik menjadi $1.149 / £1.149 / AU $1.829 untuk kapasitas 256GB. Sedangkan Samsung Galaxy Note 8 lebih murah, meskipun harganya $929 / £869 / AU $1,499 untuk kapasitas 64GB, yang merupakan satu-satunya ukuran yang ada, namun memiliki slot kartu microSD, yang tidak dimiliki oleh iPhone X.

Catatan Untuk Diingat

IPhone X adalah visi Apple untuk masa depan smartphone. Dengan desain bagian depan yang hampir seluruhnya layar, Face ID, fitur AR, prosesor yang tangguh, disain yang halus, serta layar dan kamera yang baru, Apple mungkin menjadikan ini sesuatu yang spesial.

Ini tidak dapat disangkal bahwa iPhone X hampir mirip dengan Note 8 dalam banyak hal, keduanya memiliki edge-to-edge OLED screen, kamera 12MP dual-lens, dibangun dengan logam dan kaca, tahan air, dan chipset yang kuat, tapi ada juga yang berbeda.

Ponsel Apple menempatkan fokus pada pemindaian wajah, sementara Note 8 mempertahankan dengan pemindai sidik jari, dan juga mendapatkan stylus dengan Note 8, yang tidak kamu dapatkan pada iPhone X. Mereka juga menjalankan sistem operasi yang berbeda dan iPhone X lebih mahal. Tapi mereka berdua adalah phablet berteknologi tinggi, dan mungkin termasuk di antara ponsel terbaik tahun ini.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Essential Phone PH-1 Review dan Harga

Essential Phone PH-1: Harga dan Spesifikasi

Apple iPhone X: Review, Harga, dan Tanggal Rilis